Monday, November 7, 2011

Koneksi Modem TP-Link TD-8817 dengan Kabel USB di Mandriva Linux 2010

Beberapa hari yang lalu koneksi Adsl Telkom Ebis ku tidak stabil, aku lihat di Gkrellm setiap 10-15 detik selalu drop.
Aku pikir, "Ini sih biasa, maklum koneksi 'Share/UpTo' yang harganya murah, pasti kualitasnya lagi drop saja, tunggu sebentar pasti stabil lagi"

Tapi lama2, Interface Ethernet Card ku aku lihat koq bolak balik hilang, aneh, langsung aku lihat dmesg, wah sering Up dan Down.
Tanya Google, hasilnya kemungkinan Kabel LAN nya, tapi karena feeling mengatakan ini masalah Ethernet Card Onboard ku yang bertingkah, maka aku coba turunkan Rate nya dari 100Mbps ke 10Mbps.
Aku pakai perintah:
ethtool -s eth0 speed 10 duplex full autoneg off

Wah sekarang jadi stabil, tapi buka halaman Modem TP Link saja koq berat banget. T_T
Sepertinya harus beli Ethernet Card baru, tapi karena Motherboard-ku MATX, maka Slotnya cuman 2, yang satu sudah ketutup VGA Card, tinggal satu.
Mau aku pasangi dengan Ethernet Card masih mikir2, takutnya pendingan VGA Cardnya jadi gak optimal.

Nah, hari ini Ethernet Card Onboard mulai bertingkah. lelet koneksinya.
karena aku lihat leletnya mulai tadi pagi, dan sampai sekarang belum normal2.
Aku curiga Ethernet nya yg bermasalah.

Aku akhirnya mencoba pakai Kabel USB, meski agak ragu, apakah Mandriva Linux 2010.2 Free sudah bisa mendeteksinya dan ada drivernya.

Ternyata lihat pesan dmesg, sudah kedetek dan ada drivernya, Alhamdulillah.
usb 4-1: new full speed USB device using ohci_hcd and address 2
usb 4-1: New USB device found, idVendor=12a7, idProduct=3160
usb 4-1: New USB device strings: Mfr=0, Product=0, SerialNumber=0
usbcore: registered new interface driver cdc_ether
eth1: register 'rndis_host' at usb-0000:00:04.0-1, RNDIS device, 94:0c:6d:b8:bc:19
usbcore: registered new interface driver rndis_host
usbcore: registered new interface driver rndis_wlan
eth1: no IPv6 routers present


Langsung jalankan MCC (Mandriva Control Center) , masuk ke bagian "Network & Internet"
lalu klik "Set up a new network interface (LAN, ISDN, ADSL, ...)"
lalu klik "Wired"
lalu pilih "eth1: Trendchip Technologies Corp. Unknown"
lalu pilih "Manual Configuration"
Lalu isi dengan IP Adress yang satu network dengan Modem mu, aku sih pakai IP 192.18.1.3
untuk Gateway dan DNS Server di kosongkan saja, lalu klik "Next" , lalu "Next" dan "Next" lagi.

Aku seting nya dial up dari Komputer Mandriva ku, jadi di Modem aku seting "bridge".
Jadi sekarang saatnya seting Adsl.
Sekarang stepnya:
1.klik "Set up a new network interface (LAN, ISDN, ADSL, ...)"
2.klik "DSL"
3.klik "ppp0: Trendchip Technologies Corp. Unknown"
4.pilih "Unlisted - edit manually"
5.pilih "PPP over Ethernet (PPPoE)"
6.masukkan User name dan passwordnya.
7.klik "Next" dan "Next" lagi.

Selesai.



Semoga membantu. :D

No comments: